Senin, 01 November 2010

Perempuan unggul dalam hal yang satu ini.


                  

 Apa yang menjadi salah satu keunggulan perempuan dibandingkan pria? Dalam banyak hal, perempuan tidak seperti pria. Misal, dari segi kekuatan fisik, jelas perempuan tidak sekuat pria. Untuk urusan emosi, perempuan lebih labil. Namun, menurut penelitian, perempuan lebih unggul dalam melakukan berbagai macam hal dalam sekali waktu.

Adalah sebuah hal yang menjadi mitos sejak lama, bahwa pria tidak mampu melakukan pekerjaan jamak dalam waktu bersamaan. Para periset mencoba mengetes kebenaran mitos ini.

Ditemukan bahwa perempuan dan pria yang diminta untuk melakukan beberapa tugas kecil dalam waktu bersamaan, misal, mencari kunci sambil mengerjakan tugas Matematika dalam waktu bersamaan, perempuan ditemukan lebih unggul ketimbang pria.

Para ilmuwan percaya bahwa hasil riset ini membuktikan bahwa perempuan lebih mampu mencari hasil dari sebuah permasalahan sementara terus menyelesaikan komitmen mereka yang lain ketimbang pria.

Profesor Keith Laws, psikolog di University of Hertfordshire, yang memimpin riset ini melakukan penelitian terhadap 50 pria dan 50 perempuan. Para responden diminta untuk melakukan tiga tugas dalam waktu bersamaan dengan waktu 8 menit, seperti; mencari restoran dalam peta, menggambar strategi bagaimana mereka akan mencari sebuah kunci yang hilang dalam sebuah lapangan yang ada di dalam imajinasi mereka.

Saat mengerjakan tugas tersebut, para relawan juga akan menerima sebuah telepon yang bisa mereka putuskan akan mereka terima atau tidak. Jika mereka mengangkat telepon itu, mereka akan diberikan tambahan tes mengenai pengetahuan umum sementara mereka harus melanjutkan aktivitas sebelumnya.

Sementara para relawan perempuan mampu melakukan tugas-tugasnya dengan baik dalam keempat hal tersebut sekaligus, para pria secara rata-rata mendapatkan hasil yang buruk untuk tugas pembuatan rencana pencarian kunci.

"Seharusnya, pria memiliki kemampuan spasial yang lebih dari perempuan hingga mereka bisa mengalahkan perempuan dalam tugas peta dan kunci tadi. Namun, dari keseluruhan tugas yang diberikan, tugas pencarian kunci juga memerlukan perencanaan dan strategi. Pria cenderung memulai pencarian mereka pada lokasi yang tak logis, seperti di tengah-tengah lapangan. Padahal, jika mereka melakukan hal ini, mereka tak akan bisa meng-cover seluruh area saat mereka melakukan pencarian. Sementara perempuan cenderung memulai dari salah satu pojok dan melakukan pencarian dengan cara bersirkular atau membentuk garis lurus berpola," jelas Laws.

Secara kesimpulan, "Hal ini menunjukkan bahwa perempuan lebih baik dalam hal mundur sejenak dan merefleksikan momen sementara mereka sedang bergelut dalam hal yang lain," terang Laws. Tak heran perempuan mampu mengerjakan banyak tugas sekaligus dengan perhitungan yang tepat pula.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda Disini...

Renca-MU Pasti lebih Indah

Assalamualaikum.. pemirsaaah.. sudah lama tak bersua,mau sedikit share aja sih tentang apa yang di rasakan hoho, Setelah menikah pad...